MotoGP Mugello dan Kemenangan Bersejarah Pembalap Tuan Rumah

MotoGP Mugello dan Kemenangan Bersejarah Pembalap Tuan Rumah

Selain Rossi dan Dovi, Capirossi satu-satunya pahlawan lokal yang taklukkan Mugello.

REPUBLIKA.CO.ID, MUGELLO — Kejuaraan dunia MotoGP keenam akan digelar di Autodromo del Mugello, Italia, akhir pekan ini. Belum ada pembalap yang bisa memecahkan kemenangan Valentino Rossi di sirkuit ini. Rossi tak ubahnya seperti pahlawan lokal di Mugello.

“Sirkuit ini bagaikan ruang tamu saya,” kata Rossi dilansir dari Speedweek, Jumat (1/6).

Mugello berjarak hanya 230 kilometer (km) dari kediaman Rossi, Tavullia. Sirkuit ini selalu mengesankan Raja Mugello yang telah merayakan sembilan kemenangan di seluruh kelas balapan.

Panjang Sirkuit Mugello total 5,245 km dengan sudut cepat dan lambat, serta panjang lintasan lurus 1,141 km. Pembalap-pembalap kelas utama bisa memacu kecepatan hingga 350 km per jam. MotoGP mengunjungi Mugello untuk ke-33 kalinya akhir pekan ini.

Sebelum musim 1991, kompleks sirkuit ini direnovasi total. Sejak itu, Mugello selalu menjadi bagian integral dalam kalender MotoGP.

GP Mugello pertama digelar 1976 untuk kelas 500cc yang dimenangkan Barry Sheene, hanya 0,1 detik selisihnya dari Phil Read. Pilot Suzuki itu selalu mendominasi kelas primer sejak saat itu. Tata letak Sirkuit Mugello tak sekali pun diubah sejak putaran pertama.

Yamaha mencetak 12 kemenangan di sirkuit ini lewat pembalap-pembalapnya, seperti Kenny Roberts (1978) dan Wayne Rainey (1991). Rossi mencetak lima kemenangan antara 2004 hingga 2008, dan hal sama berlaku untuk Jorge Lorenzo yang merayakan podium satu pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016.

Setelah Casey Stoner (2009), Andrea Iannone adalah pembalap Ducati kedua yang kembali menginjak podium Mugello. Pembalap Italia itu melintasi garis finis di posisi kedua pada 2015 dan 2016. Pada 2017, Andrea Dovizioso memberi kejutan dengan memahkotai Ducati podium satu.

Pembalap tersukses dari semua kelas di Mugello adalah Rossi. Ia sudah membukukan sembilan kemenangan, dengan rincian satu kali di kelas 125cc, satu kali di 250cc, dan tujuh kali di MotoGP dengan sejumlah pabrikan. Namun, kemenangan terakhir dirasakannya sudah satu dekade lalu.

Selain Rossi dan Dovi, Loris Capirossi satu-satunya pahlawan lokal yang bisa menaklukkan podium satu di GP Mugello. Pada 2000, ia memenangkan balapan 500cc setelah duel mendebarkan melawan Max Biaggi dan Rossi yang keduanya terjatuh.

Mugello juga pernah menjadi tuan rumah lomba MotoGP terpendek yang pernah ada. Pada 2004, balapan di Mugello hanya berlangsung enam putaran karena hujan lebat.

GP di Italia memang memiliki sejarah panjang. Terlepas dari Belanda dan Inggris Raya, Italia adalah satu-satunya negara lain di mana MotoGP diadakan akhir pekan setiap tahunnya sejak 1949.

Selama 16 tahun terakhir, ada enam pembalap yang mencetak kemenangan terbanyak di sini. Rossi memimpin dengan tujuh kemenangan, diikuti Lorenzo dengan lima kemenangan, dan sisanya Dani Pedrosa, Stoner, Marc Marquez, dan Dovizioso yang masing-masing meraih satu kali kemenangan.

Iannone menjadi pembalap Italia kedua yang mendapatkan pole position di Mugello dengan menggunakan motor pabrikan Italia. Sebelumnya, ada Giacomo Agostini yang pole position di kelas 500cc.

Sumber Berita Republika.co.id Sbobet | Poker Indonesia | Master Agen Bola

Ngebetbola.com Berkomitmen Memberikan Kenyamanan, Keamanan & Kepuasan Untuk Semua Member Setia, Setiap Saran & Masukan Dari Anda Adalah Kunci Membangun Perusahaan Kearah Yang Lebih Cemerlang. Apabila Staf Kami Memberikan Service Yang Kurang Maksimal, Jangan Ragu Dan Mohon Hubungi Kami Melalui KLIK DISINI Untuk Memberitahukan Masukan Anda ke Pihak Operasional Manajemen NgebetBola.com

Senior Master Agen
+855-969-788-060
2AB05010
cs1_ngebetbola